Rabu, 31 Agustus 2016

Dekorasi Acara persepsi pernikahan

Konsep Pernikahan Unik di Outdoor dan Indoor - Hampir semua orang berharap hanya menggelar satu kali pesta pernikahan seumur hidupnya. Tentu saja karena pesta pernikahan seharusnya hanya digelar sekali dalam seumur hidup, dan dengan begitu moment pernikahan tersebut pun akan diingat menjadi kenangan tidak terlupakan bagi sang pengantin hingga berpuluh-puluh tahun kemudian.


Sumber: burhanabe.com

Namun, selain dapat menjadi kenangan manis untuk anda dan pasangan, anda juga tentu berharap hari bahagia anda juga menjadi hari yang manis dan diingat oleh banyak orang dalam waktu yang lama. Nah, ternyata bukan hanya anda saja yang berfikir begitu, banyak orang yang ingin pernikahannya bukan hanya dikenang oleh sang pengantin tapi juga oleh seluruh tamunya. Untuk itu, banyak sekali dari mereka yang berusaha menggelar pesta pernikahan yang spektakuler.

Well, sebenarnya ada banyak cara agar hari bahagia anda tidak hanya diingat oleh anda sendiri, namun juga jadi bahan pembicaraan teman-teman anda dalam waktu yang lama. Bahkan boleh jadi, bertahun-tahun kemudian saat mereka menyinggung topik tentang pesta pernikahan, mereka akan langsung teringat dengan pesta pernikahan yang pernah anda gelar.

Salah satu caranya adalah dengan menggelar pesta pernikahan dengan tema yang berbeda. Nah untuk anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, sebelum memilih tema berikut ini tips memilih tema pernikahan yang harus anda baca!


Tips Memilih Tema Pernikahan

1. Memilih Tema Pernikahan, Tentukan Tempat Pernikahan

Sumber: christianheadlines.com

Dengan memilih tema pernikahan, anda bisa menentukan tempat acara pernikahan akan berlangsung. Misal, jika anda ingin melangsungkan pernikahan dengan tema pesta kebun, maka berarti akan lebih cocok jika pesta dilakukan di tempat outdoor. Tetapi, anda juga bisa memilih tempat indoor, asalkan space yang ada mencukupi dengan suasana yang dibuat seperti berada di kebun. Ini bisa dilakukan dengan pemilihan dekorasi yang mendukung, misal lebih banyak dedaunan daripada karangan bunga dan bisa ditambah dengan pepohonan yang seakan pindah ke ruangan tertutup tempat anda melangsungkan pernikahan.

2. Perhatikan Cuaca


Sumber: wartakesehatan.com

Jika dilakukan di tempat di ruang terbuka, perhatikan bulan apa anda akan melangsungkan pernikahan, misal jangan dilakukan saat musim hujan. Kebersihan lingkungan juga perlu anda perhatikan agar terlihat indah. Anda juga perlu melihat juga besar ruang terbuka tersebut, cukup nyamankah bagi para tetamu ataupun keluarga, terutama bagi keluarga yang sudah sepuh tentunya memerlukan kursi tambahan bagi mereka. Penempatan-penempatan seperti ini bisa anda diskusikan dengan bagian dekorasi ataupun dengan wedding planner jika anda menggunakan jasa mereka.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara


Sumber: spectrum-paint.com

Jika dilakukan di ruang tertutup, perhatikan sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan tersebut. Jika tempatnya kecil, jangan gunakan dekorasi yang terlalu besar dan memenuhi tempat, karena akan membuat ruangan terasa sempit dan berkesan sumpek. Hindari pula penggunaan warna-warna bunga yang gelap, pilihlah warna bunga yang cerah seperti kuning, putih, pink, hijau muda untuk menciptakan ruang yang lebih luas.

4. Jumlah Tamu


Sumber: brides.com

Jumlah tamu juga perlu anda pikirkan matang-matang. Ini penting tidak hanya untuk menciptakan suasana yang khidmat. Tidak hanya untuk suasana tetapi juga untuk jumlah katering yang akan dipesan. Jumlah tamu akan berpengaruh dengan bentuk ruang dan detil dekorasi ruangan maupun pelaminan. Misal untuk ruang yang cukup luas, sementara jumlah tamu jauh lebih sedikit daripada kapasitas ruangnya, anda bisa menyulap ruang kosong dengan detil dekorasi yang sesuai dengan tema pesta yang anda pilih. Tetapi jika jumlah tamu cukup banyak, sementara ruangannya terbatas, anda bisa menggunakan dekorasi yang bergaya minimalis.

Anyway, bicara tentang tema pernikahan di Indonesia sendiri, biasanya terdapat dua tema yang sering digunakan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan. Yaitu tradisional atau modern, dan akhir-akhir ini kita juga mulai mengenal tema pernikahan outdoor yang mulai banyak digunakan para pengantin sebagai tema pesta pernikahannya.



But, tema pernikahan bukan hanya tradisional, modern, dan outdoor lho! Di luar dari konsep 'biasa' itu, ada banyak tema pernikahan yang menarik dan unik. Saking uniknya, tamu anda atau bahkan anda sendiri tidak akan sanggup untuk melupakannya! Penasaran? Seperti yang dilansir oleh wolipop.detik.com, berikut ini 30 Inspirasi Tema Dekorasi Pernikahan Unik yang bisa anda gunakan!

30 Konsep Pernikahan Unik di Outdoor dan Indoor

1. Nuansa Jawa Di Taman Hijau


Sumber: bridestory.com

Tema Jawa yang kental tak melulu digambarkan dengan pelaminan model gebyok yang tradisional. Sebuah pesta outdoor yang kasual pun bisa diselipkan sentuhan Jawa klasik seperti dekorasi yang dilakukan oleh Dalang Indonesia berikut ini. 


Sumber: bridestory.com

Pelaminan kayu digantikan oleh backdrop berbalut batik, sementara meja-meja ditambahkan beberapa bantal sebagai tempat duduk tamu yang membuat suasana pesta tampak hangat. 

2. Fun Wedding


Sumber: weddingvibe.com

Dekorasi pernikahan tak selalu dibuat romantis dengan ratusan bunga. Untuk mendapatkan pesta yang hangat dan kasual, warna-warna cerah dapat digunakan sebagai dekorasi. 


Sumber: theknot.com

Sebagai inspirasi, dekorasi dari bunga kertas, pita dan kincir angin penuh warna yang dibuat Jonquilla Decor bisa anda terapkan. 

3. Taman dalam Ruangan


Sumber: pinterest.com

Menggelar pernikahan outdoor atau luar ruangan memang penuh risiko, seperti hujan atau cuaca buruk lainnya. Namun jika pernikahan impian anda adalah pernikahan di kebun, kenapa tidak membawa 'taman' ke dalam gedung resepsi seperti dekorasi dari Sono Kembang ini. 


Sumber: bridalguide.com

Nuansa taman terasa dengan pelaminan yang dibuat serba hijau dan penuh bunga, namun suasana tentu lebih nyaman karena ada di dalam gedung.

4. The Beatles Yang Legendaris


Sumber: wedfest.co

Penggemar musisi legendaris The Beatles akan mendapat banyak inspirasi setelah melihat dekorasi pernikahan outdoor yang dilakukan Daun-daun Decoration. 


Sumber: eonline.com

Pesta taman disulap dengan nuansa retro, ditambah atribut bergambar band asal Inggris ini membuat tema pernikahan The Beatles semakin total. 

5. Pernikahan Penuh Bunga Sofia Vergara


Sumber: wp-dot-eastern-road-485.appspot.com

Pernikahan Sofia Vergara dan aktor Joe Manganiello adalah mimpi banyak wanita di dunia. Seluruh ballroom hingga pelaminan tertutup jutaan bunga yang didominasi warna putih, terasa klasik namun romantis dan tak lekang oleh waktu. 

6. Nuansa Kampung Di Gedung

Sumber: weddingwire.com

Mendapat pengalaman kembali ke desa bisa didapatkan walau anda memilih gedung mewah sebagai lokasi resepsi. 


Sumber: herecomestheguide.com

Dekorasi kali ini didesain oleh Azka Anggun Art, yang mengganti bunga-bungaan dengan memilih daun hijau dari pohon pisang sebagai latar pelaminan. Tak hanya itu, pelaminan juga dibuat dari rotan bambu demi menghadirkan kesan kampung yang kental. 

7. Ala Negri Jepang


Sumber: sentimentalgroove.com

Sumber: fabyoubliss.com
Dibanding memilih kebaya atau gaun bergaya internasional, pengantin ini justru memakai kimono untuk memberi nuansa ala Jepang di pernikahannya. Tema Jepang juga ditampilkan dari pohon-pohon sakura dan gerbang warna merah yang khas. 

8. Kerajaan Eropa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar